Jangan Masak Petasan!

Designed by Racool_studio / Freepik

Sejujurnya... soal masalah masak memasak saya sukaaaa banget ngeliatnya.. mantengin tutorial-tutorialnya, step-by-stepnya, platingnya yang cantik.. apalagi kalo kebagian nyicipin.. emmmph.. 😋🤤


But, realitanya... pengalaman saya soal masak memasak itu kecelakaan semua.

1. Dulu, waktu ibuk saya masak balado pete udang... heudeh... (aer liur mulai mengapung sodara-sodara..) saya diberi kepercayaan ibuk saya, supaya (1.) memperhatikan sampai sambel balado yang petenya sudah mengapung itu blebek-blebek mendidih dan (2.) Menuang udang yang sudah dikupas setelahnya. Saya ingat betul, ibuk bilang; "nanti kalo udah blebek-blebek masukin udangnya ya Depi' jangan kulit udangnya.." Saya mengangguk, tandanya mengerti. Tapi pada prakteknya, entah mata kelilipan apa, malah kulit udangnya yang terjun bebas ke lautan sambel balado 😭😭😭 yaaa Allaaah.. (sabarrrr betulll emak gue..)


2. Waktu diajak masak telor dadar, saya suuukak banget liat ibuk kalo ngaduk telor pakai garpu. Dulu pikir saya "kok gak pakai sendok? Kalo pake garpu kan ada giginya, nanti gak rata dong? Tapi kok bisa sih jadi nyatu gitu?... dll... dll.. dlllllllll..."

Kata ibuk kemudian; "udah gak usah diaduk-aduk lagi ya, nanti tumpah"

Demi Allah deh.. belom juga diaduk, baru pegang garpunya ajjjaaaa... tumpah dong guys! Nangis bener gue 😭😔😑 mane tumpahnya ke tutup gentong aer.


3. Saya suka BANGET otak-otak! Tapi saya GAK SUKA BANGET gorengnya (dulu). Sebelum sekolah (waktu itu masih SMP), saya minta dimasakin otak-otak sama ibuk. Kata ibuk saya, "masak sendiri lah... masa apa-apa dimasakin mulu."

OKE, SIP!

Jangan tanya endingnya. Gosong? Yoi. Sampe penggorengannya juga gosong. Nah, sekarang bayangin, otak-otak bisa gosong? Kepanasan dikit aja meletek-melek guys.. jadi, drama waktu itu berjudul: Masak Otak-otak Rasa Petasan. Separuh tangan kanan saya penuh cipratan minyak panas, melepuh kayak kenyuyuk setrikaan. Trus gak jadi makan otak-otak deh... 😭😭😭😭😭 ini paling periiiih sumpah, sampe ke lambung. Laperrr..


Harusnya saya kasih sub-heading tadi, cerita panjang ini mengandung iklan.


4. Tibalah masa pertumbuhan atau masa puber. Masa di mana rasanya, laper itu paling memuncak justru di atas jam 12 malam. Masak telor dari ceplok, dadar, orak-arik, sampe bintitan (remaja lain tuh puber jarawatan, gue bintitan 😑 astagfirullah). Akhirnya saya mulai masak sesuatu yang lebih mevvah. Nasi goreng.

Mungkin harusnya saya bisa mempertimbangkan untuk mulai usaha restoran khusus nasi goreng, dengan seratus rasa berbeda. Tapi pilihan rasanya gak akan ada di buku menu. Jadi, pemesan bakalan surprise mereka dapet rasa apa. Wkwkwkwk.. jangan bayangin permen segala rasa Bertie Botts nya Harry Potter yak, gak ada rasa earwax kok.. hiaks 🤢🤮

Coba rasain, gimana bikin nasi goreng setiap hari dengan rasa berbeza? Namanya nasi goreng, semua bahan diaduk jadi satu.. tapi kalo saya yang masak semua tetep kepisah.. kadang dapet garemnya, kadang dapet full lada semua, paling ajib kalo dapet nasi doang gak ada rasanya 😌 (ngapain digoreng coba?!) sungguh emejing.

Tapi sekarang uda gak sedramatis itu kok. Hehehe


Jadi guys, jangan hanya memuji kesabaran ibuk saya dalam menghadapi anaknya saat masak pete (kulit) udang barusan. Tapi gimana carany mengajak anak memasak supaya gak fail. Apa aja sih yang boleh dan gak boleh ditangani si kecil?


Soal masak rasanya gampang-gampang aja, tinggal plung-plung-cempung kek bu Siska Soetomo jadi lah hidangan makan siang. Nyatanya, masak juga perlu dihidangkan dengan rasa gembira, riang, cinta, dan sebuah resep tentunya. Bukan cemas habis ini dibumbuin apa.

Kali ini saya mau ngajak temen-temen yang berminat, buat ikutan PO buku Seru-seruan Memasak produknya Yaumi Kids, karena bukan cuma ada resep aja yang bisa dipraktekin bareng anak tapi juga ada parent guidenya, jadi kita belajar bersama. Selain itu, ada juga game dan kalender masak buat setiap pekannya. Iya, setiap. Karena kalendernya bisa ditulis pakai spidol dan dihapus untuk gunakan berkali-kali.

Mumpung lagi promo, 75rb sampe tanggal 9 Oktober aja.. kalo berminat klik link: https://bit.ly/MRYMviaWA  ya.. 😁😉

Komentar