I Can Do Something, but Not Everything


"Aku telah mengidap sakit gila nomor enam belas: yakni penyakit manusia yang membuat dunia sendiri dalam kepalanya, menciptakan masalah-masalahnya sendiri, terpuruk di dalamnya, lalu menyelesaikan masalah-masalah itu, sambil tertawa-tawa, juga sendirian."

Andrea Hirata, Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang

Saya pengen percaya apa katanya Andrea Hirata dari Tetralogi Laskar Pelangi nya yang ke-4 itu, mungkin saya yang menciptakan masalah sendiri lalu saya pula yang bisa menyelesaikannya.

Tapi lain waktu, saya kekeuh masalah datang dari orang lain. Nyalahin gitulah kesannya..

Belakangan mungkin karena saya hampir putus asa; "dari mana saya bisa nyeleseinnya?!"

Udah keburu acak kadut, isi kepala kalang kabut, mata sampe kedut-kedut, jempol sampe keriput... (eh, sembuhnya cuma makan mie ayam Kidut)

wkwkwkw becanda.. pengen biar lebih berima aja..

Numpuk itu awal mula kerjaan yang ditunda. Siapa yang gak tau petuah macam itu? Adakalanya saya nyoba mengutuk diri sendiri, "Kenapa Dep, jadi orang kau pemalas kali?!"

Tapi di lain waktu, ingin sekali rasanya mengutuk siapapun yang bisa saya kutuk! Apa semua harus dikerjakan cepat? Buat apa? Karena tak ada kesempatan di lain waktu? Karena kita gak tau, apa kita masih punya waktu?

Bukan cepat-cepat lah kalau begituuu..
Bisa kah kerja samanya saling membantu?
Kerjakan aja bagianmu!
Kebanyakan orang hanya menuntut cepat, padahal cara kerja-nya pun tak pernah mau tahu!
Orang ini dan itu bisanya cuma sok tau, tapi dia bikin sendiri pun akhirnya gak mampu..

Tentu! Ini bukan hanya sekedar mampu gak mampu, mampu menyelesaikan atau mampu mengerjakan.

Karena kadang, kita bisa dengan mudahnya mengerjakan pekerjaan banyak orang tapi kemudian lalai pada hak orang.

Kadang, ini disebut juga dengan menyepelekan.

Sebebernya, kalimat di atas saya comot dari quotesnya David Allen yang bunyinya; “You can do anything, but not everything.”

Berhubung, quotesnya buat saya sendiri bukan buat menasehati orang lain.. yaaa beginilah asal usulnya.

Katanya David Allen yang seorang Konsultan - time management ntu begini:

Trying to do everything means not doing anything, because you can’t advance if you’re trying to carry many different loads at the same time, because you’ll be paralyzed by making plans and dreaming about what you could do.

Yang artinya kira-kira begini:
Nyoba ngelakuin langsung semuanya, sama aja kayak gak ngelakuin apa-apa cui.. soalnya kita gak bisa kemana-mana bawa semua beban + di waktu yang sama. Kita bakalan lumpuh sama rencana rencana rencana dan apa yang mau kita lakukan cuma tinggal ngimpi

(Versi gue, aelah)

Etapi, gimana saat kita tau batas kemampuan kita, tapi orang lain taunya kita bisa segalanya?
Orang yang terbiasa liat kita kerja bagus (baca: selesai) tiba-tiba gak ngerjain apa-apa kayaknya tuh tau nya kita bisa "bim salabimm"

So, saya biasanya kasih pengertian. Kemudian minta pertolongan (pada Allah is number one!) tapi abis itu bilang.. kalo diem-diem bae, orang bisa bantu apa yekan? Mang kita cenayang!

Aseli, ini sih curhat kebablasan bukan lagi colongan!

Terima kasih sudah cape-cape membaca timbunan umpatan malam-malam..
Santai... Ini bukan tentang kamu.
Tarik napas dalam-dalam.. huft.. maafkan..

Komentar

Posting Komentar